PUNCAK FESTIVAL CAP GO MEH SINGKAWANG 2017

PUNCAK FESTIVAL CAP GO MEH SINGKAWANG 2017

Singkawang Info. Hari ini, sabtu 11 Februari 2017 merupakan puncak perayaan Cap Go Meh Singkawang. Cap Go Meh adalah event tahunan terbesar di kota "amoy" Singkawang. Dalam puncak Cap Go Meh ini, dihadirkan pawai tatung yang jumlahnya lebih dari 500 orang. Pesertanya cukup banyak pada tahun ini. Tatung dalam bahasa Hakka adalah orang yang dirasuki roh dewa / leluhur. Dimana, raga atau tubuh orang tersebut dijadikan alat komunikasi atau perantara antara roh leluhur atau dewa tersebut. Dengan menggunakan Mantra dan Mudra tertentu roh dewa dipanggil ke altar kemudian akan memasuki raga orang tersebut. Tatung ini kebal senjata tajam dan tidak berdarah sama sekali saat ditusuk senjata tajam. Unsur magis memang sangat kuat dalam pawai tatung tersebut. Mereka beraksi mempertontonkan kebal senjata tajam.
Festival Cap Go Meh Singkawang ini selalu menyedot perhatian puluhan ribu masyarakat Singkawang. Bahkan, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke kota yang dijuluki kota seribu kelenteng ini. Upacara pembukaan dipusatkan di halaman depan kantor Walikota Singkawang. Acara dimulai pukul 09.00 WIB. Tampak hadir Wagub Kalbar Christiandy Sanjaya, Walikota Singkawang Awang Ishak, Sekjen ASEAN Le Luong Minh, Utusan Khusus Seychelles Nico Barito bersama 34 dubes Asia, Eropa dan Afrika.
Masyarakat sangat antusias menyaksikan acara tahunan ini. Mereka tetap bertahan menyaksikan pawai tatung sampai akhir acara. Pada pukul 11.00 WIB, arak-arakan tatung sudah selesai. 







Posting Komentar untuk "PUNCAK FESTIVAL CAP GO MEH SINGKAWANG 2017"